14 Cara Mengatasi Komputer yang Menyala Tanpa Menampilkan Sesuatu di Monitor

Masalah yang paling umum pada komputer adalah ketika PC sebenarnya menyala namun tidak menampilkan apa-apa pada monitor.

Anda melihat lampu led pada casing komputer menyala dan mendengar kipas berputar dari dalam PC tapi tidak ada apapun yang muncul di layar monitor Anda.

Karena ada beberapa penyebab PC Anda tidak menampilkan apa apa pada monitor, sangat penting jika Anda membaca pemecahan masalah di bawah ini secara berurutan.

Inilah caranya:
  1. Uji monitor Anda. Sebelum Anda mulai mengatasi masalah yang rumit dan menghabiskan banyak waktu, cek semua kabel koneksi PC ke monitor, pastikan monitor Anda tidak bermasalah. Sangat mungkin jika masalah anda hanya terletak di monitor.

  2. Cobalah untuk menekan tombol reset. atau pastikan semuanya dimulai dari awal menyalakan komputer.

    Sering kali komputer akan terlihat "tidak menyala" padahal sebenarnya itu hanya mengalami masalah saat bangun dari Standby / Sleep atau mode Hibernate pada Windows.

    Catatan: Anda dapat mematikan komputer Anda saat komputer berada dalam mode Standby / Sleep dengan menahan tombol power selama 3 sampai 5 detik. Setelah komputer benar-benar mati, nyalakan PC Anda dan cek apakah ia normal kembali.

  3. Dengan asumsi Anda cukup beruntung untuk mendengar bunyi kode beep, Anda dapat mengetahui pusat permasalahan komputer anda. Sebuah kode beep akan memberi tahu dengan persis di mana penyebab komputer Anda mati. Pilih panduan kode beep di bawah ini berdasarkan produsen BIOS motherboard Anda:


    Jika masalah Anda belum selesai, Anda selalu bisa kembali ke sini dan melanjutkan membaca informasi yang lebih umum di bawah ini.

  4. Lakukan reset pada CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard Anda akan mengembalikan pengaturan BIOS awal mereka. Sebuah kesalahan konfigurasi pada BIOS bisa menjadi penyebab PC Anda tidak akan menyala lama. Untuk PC anda dapat melepas baterai berbentuk bulat yang ada pada motherboard lalu memasangnya kembali setelah beberapa saat.

    Penting: Jika mereset CMOS menyelesaikan masalah Anda, pastikan Anda mengetes lagi setiap merubah satu pengaturan BIOS, jadi jika masalah datang kembali, Anda akan tahu perubahan mana yang menyebabkan masalah Anda.

  5. Pastikan bahwa switch tegangan power supply diatur dengan benar. Jika tegangan input untuk power supply tidak sesuai dengan pengaturan di negara Anda, komputer Anda mungkin hanya akan menyala sebentar.

    Seharusnya komputer Anda tidak akan menyala sama sekali jika switch ini salah, tapi tegangan pasokan yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan komputer Anda bermasalah.

  6. Cabut semua kabel dan hardware dalam PC anda lalu pasang kembali. Ada kemungkinan koneksi / kabel sebuah hardware telah longgar. Cabut dan pasang kembali hal hal seperti kabel power, kabel data, memori, expansion cards (VGA, sound card, dll), kabel keyboard dan mouse, dan lain sebagainya.

  7. Jika solusi diatas masih tidak membuahkan hasil, lepaskan lalu pasang kembali CPU hanya jika Anda menduga mungkin telah longgar atau mungkin belum dipasang dengan benar.

    Catatan: Saya menyebut hal ini secara terpisah karena kemungkinan pemasangan CPU longgar sangat tipis dan karena pemasangannya merupakan tugas yang sensitif. Dan ini bukan masalah besar jika Anda berhati-hati jadi jangan khawatir!

  8. Periksa penyebab korsleting listrik di dalam komputer Anda. Ada kemungkinan hal inilah yang menjadi penyebab masalah komputer Anda.

    Penting: sangat sangat penting jika Anda meluangkan waktu yang untuk memeriksa bagian dalam komputer Anda untuk sesuatu yang dapat menyebabkan korslet. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk memecahkan masalah ini, Anda mungkin akan berakhir dengan penggantian hardware mahal tanpa alasan yang bagus.

    Korsleting listrik di dalam komputer sering disebabkan oleh sekrup, dalam kasus ini yang telah kontak fisik dengan logam pada motherboard atau komponen internal lainnya. Sekrup yang digunakan untuk mengamankan hampir setiap komponen bagian dalam kasus termasuk kartu video, kartu suara, hard drive, drive optik, dll. Goyang-goyangkan PC Anda, jika ada bunyi gemeretak kemungkinan ada sekrup yang telah lepas, gunakan obeng yang kecil dan agak panjang untuk membantu mengeluarkannya.

    Korsleting listrik di dalam komputer kadang-kadang juga disebabkan oleh kabel yang telah kehilangan lapisan pelindung mereka dan membuat kontak fisik dengan komponen internal.

  9. Hanya karena komputer Anda menyala beberapa saat belum berarti bahwa power supply di komputer Anda sudah bekerja dengan baik. Dalam pengalaman saya, power supply cenderung menyebabkan lebih banyak masalah daripada perangkat keras lainnya dan sangat sering menjadi penyebab komputer bermasalah. Cobalah cek dengan menggantinya menggunakan power supply dari komputer lain.

  10. Nyalakan PC Anda dengan hardware yang paling penting saja. Tujuan di sini adalah untuk sementara melepaskan hardware sebanyak mungkin namun mempertahankan kemampuan komputer agar tetap menyala.
    • Jika komputer Anda menyala, dan tetap menyala, dengan hardware penting saja, lanjutkan ke Langkah 11.
    • Jika komputer Anda tetap mati dengan sendirinya, lanjutkan ke Langkah 12.

    Penting: Langkah ini cukup mudah bagi siapa saja, tidak perlu alat khusus, dan bisa memberikan banyak informasi yang sangat berharga. Langkah ini tidak boleh diloncati apabila setelah semua langkah di atas, komputer Anda masih mendapatkan masalah yang sama.

  11. Pasang kembali setiap hardware tambahan yang lain, ujilah komputer Anda setelah setiap pemasangan satu hardware.

    Karena PC Anda dinyalakan hanya dengan hardware terpenting, komponen-komponen tersebut bekerja dengan benar. Ini berarti bahwa salah satu hardware tambahan yang dilepaslah yang menyebabkan komputer Anda mati dengan sendirinya. Dengan memasang hardware tersebut ke komputer Anda dan melakukan pengujian setelah setiap pemasangan satu hardware, Anda akan menemukan hardware yang menyebabkan masalah Anda.

  12. Uji PC menggunakan Power On Self Test card. Jika komputer Anda tetap tidak menampilkan apapun pada monitor meski hanya dengan hardware yang penting saja, POST card akan membantu mengidentifikasi hardware mana yang bermasalah.


    Jika Anda tidak memilikinya dan tidak ada keinginan membeli POST card, lanjutkan ke Langkah 13.

  13. Ganti setiap hardware dalam komputer anda satu persatu dengan hardware sama yang kondisinya masih bagus. Lakukan pengetesan setuap penggantian satu komponen, untuk mengetahui hardware mana yang bermasalah. Sebagian besar pengguna komputer tidak memiliki koleksi suku cadang komputer. Saran saya yaitu kembali ke Langkah 12. Harga POST card tidaklah mahal dan merupakan pendekatan yang paling masuk akal daripada membeli semua persediaan suku cadang komputer.

  14. Terakhir, jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu mencari bantuan profesional di pusat servis komputer atau dari servis resmi produsen komputer Anda. Sayangnya, tanpa POST card dan juga tanpa suku cadang pengganti, Anda tidak akan tahu hardware mana yang bermasalah. Dalam kasus ini Anda memiliki sedikit pilihan selain mengandalkan individu atau perusahaan yang memiliki sumber daya tersebut.


Catatan: Apabila anda mengalami masalah spesifik lainnya pada komputer, Anda dapat menyerahkannya kepada teman atau kolega anda, ataupun ke pusat servis resmi komputer anda, atau Anda dapat menuju ke panduan "Bagaimana Memperbaiki Komputer yang Tidak Menyala" jika ingin berusaha sendiri terlebih dahulu.

_________________
- Oleh Tim FisherAbout.com Guide

Artikel Sejenis



69 comments:

  1. Terima kasih gan, bantuannya. Insya allah komputer saya bisa normal lagi dengan mengandalkan semua cara di atas. Omong - omong, apakah cara di atas ada yang menyebabkan hilangnya semua data?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data aku hilang semua karna aku reset komputernya 😢

      Delete
    2. itu mungkin setelah install windows, bkn reset komputer, bisa dikembalikan kembali asal tidak dalam jangka waktu lama pemakaian setelah install.

      Delete
    3. yup, cara diatas tidak menghilangkan data kecuali HDD rusak,
      cara lain seperti install windows juga beresiko kehilangan data.

      data bis dikembalikan ke tempat jasa data recovery atau menggunakan software data recovery, yang keduanya mungkin harus merogoh kocek kita hehehe

      Delete
  2. Bang mau tanya?
    Awalnya gene saya salah hapus folder starup lewat ccleaner.sejak kehapus tiba" hang terus saya matikan dengan tekan tombol off pada casing dan saya hidupin lagi tetep hang lalu saya matikan terus tak hidupin lagi malah jadi cpu nyala tapi tidak mau tampil pada monitor terus dapet beberapa menit mati sendiri.kata temen saya suruh instal ulang aja.soale sama" tidak paham.mohon penjelasannya?terimakasih.
    Kirim jawaban ke : Faizfahminudin@gmail.com

    ReplyDelete
  3. iya gan install ulang aja OS nya, ada kemungkinan itu folder sistem, karena kehapus, sistem jadi g bisa running lagi...

    ReplyDelete
  4. monitor bertuliskan power saving mode.
    sudah saya copot hardisk nya, ternyata memorynya oke, gak bermasaah dengan bunyi beep.
    saya copot dvd nya juga oke,
    monitorna juga bisa di pake di tempat lain,
    gimana cara ngatasin nya mas bro ?
    mohon bimbingan nya,
    ciri"nya

    psu nya mah nyala,
    keyboardnya gk nyala (numluck atau scroll luck)
    tidak nampil kemonitor, tampilan nya power saving mode.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan udah tau solusi untuk problem agan ini? Saya mengalami problem ini, mohon petunjuknya, gan...

      Delete
  5. coba semua kabel konektor dan hardware dicabut gan
    lalu dipasang kembali satu satu yang penting aja, hdd, ram, mouse monitor mouse ama keyboard aja (petunjuk nomer 10)

    ReplyDelete
  6. kalau notebook saya pada awal nya nyala dan sudah masuk ke windows, tapi tiba-tiba layar nya menjadi hijau seprti tv di sensor gitu, setelah itu saya matikan. pas saya hidupkan tombol power nyala, tapi monitornya mati, kira-kira kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  7. wah klo masalah laptop, serahkan ke service center aja gan, kecuali agan berani otak atik daleman isi laptop, n agan brani nanggung semua resiko yang mungkin terjadi.. :)

    laptop itu satu bundel yang modular hardwarenya nya lebih complicated daripada PC desktop

    ReplyDelete
  8. terima kasih info2nya tapi compiter saya tetap tak bisa tampil apa2 di monitor .monitor sih baik di computer lain. awalnya computer saya normal.setelah beberapa hari tak di hidupkan, ketika di on Monitor serta key board tak merespon. Bingung juga sih .apa hardisknya apa Motherboad yang problem.. sayangnya saya belum beli POST card. tapi trima kasih info2nya.

    ReplyDelete
  9. dicoba tukar dengan komputer yang masih normal aja gan 1 1, nanti ketahuan juga mana yang rusak :)

    ReplyDelete
  10. ternyata ram saya bermasalah gan, terimakash banyak gan

    ReplyDelete
  11. kenapa komputer saya hanya acernya yang nyala tanpa henti? tolong solusinya

    ReplyDelete
  12. Gan kenapa monitor saya tidak menampilkan no signal gtu pdahal tdinya tuh komputer barusan di pake. Udah aku otak atik vganya masih ttp gak nampil
    Tolong bantuanya

    ReplyDelete
  13. ikuti langkah2 diatas gan satu satu, coba vga card nya dicabut aja mungkin bermasalah..

    ReplyDelete
  14. membahas tentang matheboard.. ane punya matheboard..MB eror tidak bisa respon ke monitor..motitor hanya berkdip2 saja.padahal matheboard ya nyala..van juga nyala.. ane udah lakuin beberapa cara.. dari ganti ram. bersihin matheboard. reset bios.. tapi tetep gagal.. aneh ya bunyi beb tidak ada.. gimana solusi ya gan..thanks

    ReplyDelete
  15. kabel2 coba diganti gan, trus coba pake motherboard lainya, itu monitor bisa nyala apa enggak, klo monitor bisa nyala berarti MB agan bermasalah, bawa ke service aja gan,

    ReplyDelete
  16. Al hamdulilah... terimakasih mas sarannya.... tak copot batu CMOS nya trus tak idupin lagi ternyata hidup... sungguh istimewa... Matur suwun sanget...

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah gan udah bener lagi... hehe.. ^_^

    ReplyDelete
  18. Mas, saya punya problem mirip, PC rakitan dengan motherboard foxconn, kalau dihidupkan ada bunyi beep pendek sekali (katanya itu tanda kalau mb normal), tapi cuma keluar logo Foxconn saja, tekan ESC, DEL ga ada pengaruh apa2, apa solusinya dicoba seperti diatas juga ? Oh ya mas, apa battery cmos itu perlu diganti ga ya ? Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  19. coba solusi yang disini gan:
    http://indowhiz.blogspot.com/2013/07/mengatasi-komputer-yang-menyala-namun.html

    klo keluar logo saja itu berarti dalam tahap POST...

    ReplyDelete
  20. selamat malam mas bro , saya punya permasalahan pada cpu kayak gini , kan kalau cpu dinyalakan pasti ada bunyi beepkan sekali , tapi cpu saya ngga ada keluar suara sama sekali dan dk ada tampilan tapi lampu led mainboard sm kipas prosesor.a menyala ,. Kira2 pemecahannya gimana mas ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Om kalo komp dan monitor saya di nyalain tpi tdak muncul apa apa, terus saya pinjem monitor saudara saya tetep gk muncul apa apa dan monitor saya di coba ke komp saudara saya juga tidak muncul apa apa, tapi kalo saudara saya pake monitornya sendiri bisa.. Berarti yang bermasalah itu monitor saya atau CPU saya?? Tolong penjelasannya ya om.....

    ReplyDelete
  22. @septian, klo menurut cerita mas septian, brati yang bermasalah itu komputer + monitor sampeyan. coba dicek kabel2 nya, mungkin saja cuman kabelnya aja yang bermasalah

    ReplyDelete
  23. Wahhh mantep nih gan artikelnya,,kebetulan saya punya masalah gan dan hampir selalu berulang problemnya.
    Jadi komputer ane tuh cuma mw nampil BIOS aja (yg ada tulisan F2 - Bios, Delete, dll), dan muncul tulisan yg kurang lebih artinya ga mw connected ke hardisk, failed read hardisk. Ini udah sering bgt, ampe udah 2x ganti HDD. Anehnya, klo itu HD di jumper/slave masih normal" aja,,data"nya pun tetep ada. Itu kira" problem dimana ya? power supply, Mobo, ato emg HDDnya ya? Terima kasih...

    ReplyDelete
  24. klo hardisk yang rusak kemungkinannya kecil banget gan.
    agan arif sudah baca n coba semua cara yang ada di post atas?
    klo belum, silahkan coba dlu sebelum ke level advanced

    klo sudah, coba masuk bios, ganti settingan HDD dari AHCI menjadi IDE, atau sebaliknya.
    klo g bisa, cba ganti power supply,
    klo masih tetep, coba pinjem mobo teman

    semoga membantu :)

    ReplyDelete
  25. Gan bagaimana cara masuk bios ? , kan di layar nya ga ada apa apa

    ReplyDelete
  26. di postingan ini perasaan ndak ada yang nyaranin masuk ke BIOS deh gan...
    :)

    ReplyDelete
  27. komputer kalau pertama menghidupkan susah tapi klo dah nyala ya lancar - lancar aja gemana ya.

    ReplyDelete
  28. mungkin kebanyakan install software itu gan

    ReplyDelete
  29. Gan, mau nanya. Pc saya baru aja rusak, pas rusak layar komp tiba2 jd merah. Pas saya bongkar memang sih berdebu trus saya bersihin semua debu nya. Semua kipas masih nyala, trus saya coba nyalain masih blm bisa. Monitor no signal. Kira2 apa yg rusak ya? Saya sih udah coba bbrp langkah. Dari copotin ram trus nyalain, keluar bunyi bip2, trus copot vga card, pake vga on board, tetep no signal. Coba copotin batere ccmos, tetep gak bisa. Trus pas coba pindahin jumper dr pin 1 2 ke pin 2 3, malah gak nyala mobo nya. Kira2 itu kenapa ya? Apa mobo saya sudah rusak total? Mohon pencerahannya gan. Thanks

    ReplyDelete
  30. Gini gan, klo agan nyopot ram itu harus memasang lagi, entah ram semula atau ram lainnya. Jadi komputer itu basicnya butuh prosesor, ram di mobo, hdd, sama input (keyboard) dan output (monitor)

    Trus agan udah coba pake monitor lainnya? Coba kabel vganya ganti yang lainnya juga,
    klo tetep g bisa, y mending bawa ke tukang servicenya aja gan, kmungkinan ada part yang mesti diganti

    ReplyDelete
  31. mas kenapa pas startup gk ada gambar windows 7 nya layarnya mati padahal lampunya warna biru nanti tiba" langsung welcome aja

    ReplyDelete
  32. ane g tau gan, ane bukan ngasih alasan kenapa rusak gan, tapi ane menuliskan sebuah solusi di postingan ini,
    tapi klopun hal yang agan pertanyakan itu bukan sebuah masalah yang menghentikan kerjaan agan, kenapa harus dipikirkan? apa pengaruh terhadap kerjaan agan? selama belum menjadi masalah yang signifikan, ya.... lebih baik memikirkan hal yang lebih penting gan... :)

    ReplyDelete
  33. makasih infonya gan :)

    ReplyDelete
  34. Makasih min infonya :)

    ReplyDelete
  35. can attempt to repair this file by starting windows setup the original setup CD-ROM.
    ini knp gan ? cara mengatasinya gimana gan ? tolong bantuan nya.
    thx.

    ReplyDelete
  36. Kalo pc tiba tiba berhenti proses monitor hanya kedip lampunya dan ga bisa di akses lagi kecuali direstart, kenapa ya. Bisa dibantu ?

    ReplyDelete
  37. Gan numpang tanya kalau komputer saya bisa hidup ke windows tapi pas saya restart kembali lagi lama lagi hidupnya kira2 knapa ya gan?

    ReplyDelete
  38. Ask..om ko monitor philips saya klo nyala cuma warna putih dan ada tulisan (aging) doang ya om..solusi mbenerinya gimana ya om.. terimakasih

    ReplyDelete
  39. Ask om.Saya mau nanya..kalo komputernya hidup.powersupply hidup...tetap jika saya menyolokkan mouse.. cahayanya hanya menyala dengan sekejap...setelah itu mati...dan monitornya ga bisa mendeteksi...keyboardnya ga nyala..itu solusinya apa ya??..jika dijawab akan sangat membantu.Trims.Asalamualaikum

    ReplyDelete
  40. Pagi gan..
    Ane mau tanya, jadi ane waktu itu lagi make pc.. agak lama sih lalu tiba tiba hang ga ngerespon, ane buka explorer ga ngerespon klik klik lain juga. Sblumnya pernah sih gini... lalu ane pencet tombol restart nya dan langsung blank monitor ane..
    Ane udah cobain semua langkah2 di atas termasuk juga ram nya udah ane bersihin pake penghapus, yg bagian kuningannya ane bersihin se arah.. tapi tetep ga bisa, malah setelah ane colok ramnya malah bunyi beep nya panjang bener.. sblumnya gada bunyi beep apa apa.. mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  41. ass GAn
    Saya, mau tanya , jadi saat saya menyalakan pc ada bacaan DISKBOOT ERROR bagai mna cara memperbaikinya ......mohon bantunya ASS.

    ReplyDelete
  42. Mau tanya gan, ketika meghidupkan cpu biasanya hardis langsung bunyi, tapi sekarang saya hidupkan koq gak bunyi, kira" apanya yg rusak ya gan? Mohon penjelasannya.makasih

    ReplyDelete
  43. Gan,, smlm matlam terus nyala lagi, CPU aku mau nyala, monitor jg nyala tanpa gk mau nyambung, saya udah coba ganti kabel komputer lainnya dan monitor lainnua jg tp ttp cpu di nyalain msh bs ON tp gk bs nyambung jg.. gimana ini solusinya? Thanks..

    ReplyDelete
  44. mw tanya gan ap masalah nya klo komputer di hidupkan langsung masuk bios lalu muncul staratup repair

    ReplyDelete
  45. kalo misal CPU nyala, kabel udah terpasang semua. tapi ngga ada tampilan di monitor. itu yg bermasalah apanya gan ? padahal monitornya sehat kalo di test dual LCD pake laptop juga

    ReplyDelete
  46. mo nanya gan pc ana power hidup, cuma kipas prosesornya mati, terus ana ganti pake kipas prosesor pc poenya temen sampe 2 x, tapi tetep aja gk nyala tuch kipas proseornya, ana copot copotin semauanya masih aja gk nyala minta solusi dwong gan?

    ReplyDelete
  47. Alhamdulilah.... sukses pc ku... dgn cara no 4.. tq gan

    ReplyDelete
  48. mau tanya pc saya tidak bisa menyala sama sekali tidak ada tampilan bios, tidak ada bunyi beep tp lampu indikator pc menyala menandakan power supply bekerja sudah coba ganti ram komputer lain tp tetap tidak menyala, bahkan sdh coba ganti mother board pc lain tetap tidak menyala. tolong bantuannya

    ReplyDelete
  49. gan kalo pc hidup minitor juga hidup tapi tidak mau masuk ke windows nya malah restar lagi maslah nya apa ya??

    ReplyDelete
  50. thanks gan ......cara no 4.......beres masalahnya

    ReplyDelete
  51. Mantabbbbbbbb jossssa ternyata masalahnya slepe sekali, ram gw bersihin dikit ok langsung, padahal wa uudah sempet bongkar habisss :D

    ReplyDelete
  52. Mobo saya nyala tapi tidak conek procie gmn mengatasinya

    ReplyDelete
  53. Bro,saya kan punya computer,dah lama gk dimainin,terus saya nyalain lagi,eh ternyata cpunya nyala,tetapi monitornya gk nyala,dah saya rakit rakit,tetep aja gk nyala,itu kenapa ya bro,jika ada yg mau bantu terima kasih,kirim ke email saya jika yg mau bantu ( rey.sap123@gmail.com )

    ReplyDelete
  54. Artikelnya bagus. Tapi ini saya punya masalah. Waktu main game, saya tinggal sekitar 15menit ke warung. Waktu diliat ternyata pc saya nge freze ga bisa di pencet apa apa. Terpaksa saya matikan lewat power. Waktu saya nyalakan lagi ga muncul bios. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  55. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete

Pembaca Setia

Apakah artikel dalam blog ini bermanfaat bagi anda?

Berlangganan

cek email anda untuk link verifikasi berlangganan setelah menekan tombol submit
 
If you're on a slow connection, try Mobile Version
Copyright 2014 WHIZ group. Layout Design By Anshul Dudeja. All Right Reserved.